Volcano Tour Gunung Merapi Sleman Yogyakarta

Saat berkunjung ke Kaliurang Jogja, sayang jika melewatkan waktu begitu saja, ada baiknya singgah sejenak ke destinasi wisata alam, yakni Volcano Tour di Kinahrejo, Umbulharjo, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampung Kinahrejo adalah, satu daerah di lereng Merapi yang jaraknya paling dekat dengan gunung Merapi kurang dari 6 km. Lokasi ini juga tempat favorit bagi pendaki Merapi untuk melakukan persiapan dan istirahat sebelum mendaki gunung yang akan mengambil jalur lewat Selatan. Untuk saat ini pendakian ke Merapi ditutup sementara bukan karena naiknya status Merapi, namun untuk kepentingan konservasi kawasan sekitar dan melakukan perbaikan jalur pendakian yang dinilai rawan longsor dan membahayakan bagi pendaki umum. Pemandangan disini nampak jelas gunung teraktif di dunia itu, sesekali tertutup kabut sehingga menghilang.


Dari sini pula kita dapat mendekat gunung yang telah menjadi laboratorium alam yang penting bagi para ilmuwan dunia untuk melakukan penelitian baik segi karakter letusan, dampaknya. Serta bisa belajar dari kebiasaan mahaguru alam gunung Merapi serta interaksi antara masyarakat pendukungnya yang telah hidup secara berdampingan lama.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 3.000 per orang. Wisatawan bisa memarkir kendaraan baik roda dua dan empat ditempat parkir yang telah disediakan, dan untuk sampai ke lokasi utama, bisa dengan berjalan kaki sejauh setengah kilometer, dengan trek jalan menaik tajam. Jika pengunjung ingin menyewa motor atau ojek ke lokasi dikenakan biaya lagi sebesar Rp 30.000 per motor.

Di lokasi juga banyak layanan jasa jeep yang akan mengantarkan wisatawan berkeliling di kawasan Volcano Tour tersebut. Seperti ke kawasan Kaliadem, selain melihat jalur lahar dingin usai letusan Gunung Merapi. Juga terdapat bunker untuk perlindungan saat terjadi letusan, dan kondisi rumah-rumah penduduk yang telah hancur dan luluh lantak oleh ganasnya awan panas atau lebih dikenal dengan “wedhus gembel”. Dan para petualang bisa mengunjungi Museum Gunung Merapi di wilayah Pakem.

Tak hanya itu, di lokasi tersebut, wisatawan juga bisa melihat-lihat tempat petilasan almarhum Mbah Maridjan yang merupakan rumah juri kunci saat masih hidup, saat ini hanya tinggal berupa batu yang atasnya dibuat peneduh, seperti rumah kecil. Kemudian ada kendaraan yang tinggal rongsokan hanya rangka motor dan mobil evakuasi kondisi hangus, digunakan saat erupsi Merapi terjadi. Lalu ada foto para korban dan nama-nama mereka yang menjadi korban letusan Merapi yang seluruhnya merenggut nyawa ratusan orang.

Beberapa peralatan rumah tangga khususnya alat masak yang ada di rumah penduduk yang juga terkena dampak letusan juga dipajang. Banyak yang mengabadikan foto di sudut ini. Persis di arah masuk ada bangunan rumah Joglo berukuran agak besar untuk kegiatan pertemuan.

Suasana berbeda terlihat di sini dari beberapa tahun sebelumnya, dulu hanya hamparan tanah kosong luas dan beberapa bangunan tidak permanen digunakan untuk  warung. Namun sekarang banyak bangunan yang permanen, seperti  Masjid Al Amin yang digunakan Mbah Maridjan untuk melaksanakan solat lima waktu.
Saat ini sedang dalam proses pembangunan masjid tersebut. Jika ingin mencari oleh-oleh khas wisata di Kinahrejo, disini pengunjung bisa membeli seperti kopi merapi, jahe merapi, topi, DVD, kaos, dan kerajinan tangan warga lereng Merapi.

Untuk sampai ke lokasi Volcano Tour, yakni dari arah Jalan Kaliurang sampai Pertigaan arah Pakem, ambil arah lurus ke arah Kaliadem, kalau biangung nanti persis di lampu merah sebelum persimpangan jalan itu, ada papan petunjuk arah yang jaraknya ke lokasi sekitar 4 kilometer.
Lurus terus saja, dengan jalan menanjak tajam. Di sepanjang perjalanan kita akan ditemani oleh pemandangan bagus karena di sekeliling ditumbuhi pepohonan dan tanaman yang hidup di lereng gunung Merapi.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih