Mengendarai Jip Menjelajahi Gunung Merapi

Berkunjung ke kota Gudeg memang sayang jika melewatkan wisata Merapi Volcano Tour. Sebuah perjalanan wisata menelusuri dusun Kinahrejo, salah satu dusun yang luluh lantak akibat erupsi Merapi beberapa tahun yang lalu. Di dusun ini pula, juru kunci Merapi almarhum Mbah Maridjan tinggal dan mengabdikan diri kepada sang Merapi sampai akhir hayatnya. Buat yang penasaran langsung saja menuju Kaliurang. Disini banyak ditawarkan jasa Jeep Classic dengan atap terbuka, baik itu Jeep Willys, Land Rover, atau Jimny Jangkrik. Setiap mobil dapat menampung 4 sampai dengan 5 orang penumpang. Semuanya berangkat dari Basecamp (area parkir 1 wisata Vulcano Tour Merapi Kinahrejo) dan finish di Makam Massal Korban Merapi.


Berbagai paket mulai dari Short Route (Rp 250rb), Medium Route (Rp 350rb) serta Long Route (Rp 450rb) bisa menjadi pilihan menarik. Tarif paket menawarkan rute dan durasi waktu yang berbeda. Juga tersedia dua paket spesial, yaitu Paket Sunrise Tour dan Paket Malam. Untuk wisatawan mancanegara, tersedia pemandu khusus dengan biaya tambahan. Sensasi Off Road di pegunungan akan dirasakan selama perjalanan. Selain itu, juga akan disuguhi pemandangan jalur bekas lahar dingin. Jika cuaca sedang cerah, puncak Merapi akan terlihat gagah dan sangat jelas.

Sensasi Off Road di pegunungan akan dirasakan selama perjalanan. Selain itu, juga akan disuguhi pemandangan jalur bekas lahar dingin. Jika cuaca sedang cerah, puncak Merapi akan terlihat gagah dan sangat jelas. Perjalanan pertama berhenti di sebuah rumah yang tampak rusak dan usang. Di bagian depan, tertulis slogan “Museum Sisa Hartaku”. Disinilah tersimpan berbagai sisa benda serta perabotan rumah tangga yang hancur akibat ganasnya awan panas alias “Wedhus Gembel” yang dimuntahkan Merapi. Benar-benar mengerikan sekali waktu itu. Di salah satu sudut ruangan, terdapat foto-foto saat terjadinya erupsi Merapi.

Perjalanan dilanjutkan menuju Bunker Merapi. Jaraknya cukup jauh dari rumah museum sisa hartaku. Bunker ini berada di kaki merapi atau berjarak empat kilo dari Merapi. Dulu bunker ini difungsikan sebagai tempat evakuasi korban merapi jika awan panas turun. Namun, bunker tersebut juga hancur akibat keganasan awan panas bahkan menimbulkan korban jiwa saat itu. Dari lokasi ini, tampak dari jauh bangunan kecil tempat dulu mbah maridjan tinggal. Tak jauh dari bunker terdapat Batu Alien. Konon, batu ini berbentuk mirip wajah manusia. Uniknya, batu besar ini berasal dari lontaran erupsi Merapi yang berpindah dan jatuh di tempat tersebut. Puas jalan-jalan, anda bisa membeli berbagai souvenir khas Merapi dengan tema erupsi Merapi, baik itu foto, DVD, kaos, dan makanan minuman.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih