Bus tersebut tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin, 13 Januari 2014, pukul 22.00 WIB dan turun dari kapal pukul 09.00 pagi (14/1/2014).
Setelah menjalani proses pengecekan dokumen dan uji kelaikan, bus ini segera dioperasikan. Berikut ini adalah beberapa fakta yang dilansir Tempo, perihal bus berwarna biru-hijau itu:
1. Bus tingkat ini senilai Rp 17 miliar. Pengadaannya menggunakan APBD 2013;
2. Bus tingkat ini memiliki lebar 2,5 meter, panjang 11,3 meter, dan tinggi 4,2 meter;
3. Bus tingkat ini mampu dioperasikan untuk sepuluh tahun mendatang;
4. Bus tingkat ini dirakit di Xiamen, Cina. Mesinnya pun dari Cina, yaitu buatan Wechai;
5. Meski dirakit di Cina, bus ini bukan produksi perusahaan asal Cina seperti bus Transjakarta. Bus ini diproduksi perusahaan asal Australia, BCI;
6. Suku cadang bus dibuat di Cina dan Australia;
7. Tak ada komponen buatan Indonesia dalam bus tingkat ini;
8. Tinggi permukaan bus dari permukaan tanah tergolong rendah sehingga bus tak bisa menerobos banjir;
9. Bus ini memiliki 60 kursi yang terdiri atas 20 kursi bawah dan 40 kursi atas;
10. Wisatawan tak boleh berdiri di bus ini. Jumlah penumpang sesuai tempat duduk;
11. Bus tidak akan melintasi busway;
12. Penumpang tak perlu membayar untuk menikmati bus ini;
13. Kaca bus dibuat lebar untuk memudahkan wisatawan menikmati pemandangan;
14. Bus jenis yang sama sudah dipakai di London, Singapura, dan Hong Kong;
15. Di badan bus terdapat gambar Monas, patung Pancoran, ondel-ondel, dan obyek wisata lainnya
Setelah menjalani proses pengecekan dokumen dan uji kelaikan, bus ini segera dioperasikan. Berikut ini adalah beberapa fakta yang dilansir Tempo, perihal bus berwarna biru-hijau itu:
1. Bus tingkat ini senilai Rp 17 miliar. Pengadaannya menggunakan APBD 2013;
2. Bus tingkat ini memiliki lebar 2,5 meter, panjang 11,3 meter, dan tinggi 4,2 meter;
3. Bus tingkat ini mampu dioperasikan untuk sepuluh tahun mendatang;
4. Bus tingkat ini dirakit di Xiamen, Cina. Mesinnya pun dari Cina, yaitu buatan Wechai;
5. Meski dirakit di Cina, bus ini bukan produksi perusahaan asal Cina seperti bus Transjakarta. Bus ini diproduksi perusahaan asal Australia, BCI;
6. Suku cadang bus dibuat di Cina dan Australia;
7. Tak ada komponen buatan Indonesia dalam bus tingkat ini;
8. Tinggi permukaan bus dari permukaan tanah tergolong rendah sehingga bus tak bisa menerobos banjir;
9. Bus ini memiliki 60 kursi yang terdiri atas 20 kursi bawah dan 40 kursi atas;
10. Wisatawan tak boleh berdiri di bus ini. Jumlah penumpang sesuai tempat duduk;
11. Bus tidak akan melintasi busway;
12. Penumpang tak perlu membayar untuk menikmati bus ini;
13. Kaca bus dibuat lebar untuk memudahkan wisatawan menikmati pemandangan;
14. Bus jenis yang sama sudah dipakai di London, Singapura, dan Hong Kong;
15. Di badan bus terdapat gambar Monas, patung Pancoran, ondel-ondel, dan obyek wisata lainnya
Next
« Prev Post Previous
Next Post »
« Prev Post Previous
Next Post »