Tempat wisata bali air sanih

Tempat wisata bali air sanih Air sanih atau yeh sanih adalah sebuah objek wisata yang terletak sekitar kurang lebih 17 kilometer dari kota Singaraja , di desa sanih , kecamatan kubutambahan , kabupaten singaraja , provinsi bali . Tempat ini merupakan objek wisata yang di gunakan sebagai tempat pemandian atau kolam renang alami yang mempunyai sumber mata air sendiri . Sejak tahun 1930 air sanih sudah mulai terkenal di sebagai objek wisata bagi penduduk lokal . Uniknya lagi tempat wisata air sanih ini letaknya di kelilingi oleh pantai yang seharusnya menyebabkan sumber mata air tersebut bukan air tawar melainkan adalah air asin , menurut kepercayaan masyarakat setempat sumber mata air ini berasal dari aliran sungai bawah tanah yang mengalir dari Danau Batur yang letaknya ratusan kilometer dari lokasi wisata ini . 

Tempat wisata air sanih di Bali 

Tempat wisata bali air sanih
Tempat wisata bali air sanih

Sumber mata air ini berada di sebelah pojok tenggara kolam renang . Menurut legenda tempat wisata air sanih atau yeh sanih ini digunankan sebagai tempat pemandian pasangan muda agar hubungan mereka semakin langgeng . Lokasi objek air sanih ini memiliki dua kolam , yang satu merupakan kolam untuk dewasa dan yang satu lagi merupakan kolam untuk anak – anak yang tingginya 1 meter , dekat dengan tempat penitipan barang . Wisata air sanih ini mempunyai suasana alam yang sangat asri , airnya yang jernih , kondisi air sanih yang hijau , dan lokasi air sanih yang jauh dari keramaian akan membuat anda merasa sangat nyaman dan sangat rileks saat berada di pemandian air sanih ini . 

Pemandian ini memiliki lingkungan yang sangat cocok bagi mereka yang mencari kedamaian dan relaksasi dari kebisingan hidup sehari-hari . Air Sanih merupakan salah satu destinasi wisata menarik di pantai Lovina dan berjarak tidak jauh dari Lovina Beach Resort . Letaknya yang menghadap langsung ke laut lepas menjadi keindahan tersendiri . Bayangkan saat anda berendam anda juga di suguhkan pemandangan pantai yang menawan . Pemandian ini terbuka untuk umum baik itu tourist manca negara atau tourist lokal . Di dekat air sanih ini sekitar 500 meter , terdapat tempat untuk menyelam (snokeling) karena pantai di dekat air sanih memiliki keindahan bawah laut dan terumbu karang yang sangat menarik dan mempesonan . 

Selain di gunakan sebagai tempat objek wisata , sumber dari air sanih ini juga sering di gunakan dalam upacara adat agama Hindu . Di sekita air sanih juga terdapat pura yang di gunakan untuk memuja Dewa Wisnu . Tidak hanya umat Hindu yang memanfaatkan tempat wisata air sanih ini tetapi jiga di manfaat kan oleh masyarakat muslim yang memiliki populasi yang lumayan banyak di kabupaten Singaraja . Setiap tahun pada hari ke dua lebaran objek wisata air sanih akan di jejali oleh masyarakat setempat yang dating berombongan dengan keluarga masing – masing . Tempat wisata air sanih ini sudah menjadi tempat dan ajang silaturahmi tahunan bagi umat muslim dan juga umat hindu , yang merupakan contoh bahwa orang bali menerapkan konsep menyama beraya yaitu toleransi hubungan antar umat dan antar etnik dengan nyata . Hal ini tentu akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke air sanih dan menikmati suasana yang disediakan di objek wisata air sanih tersebut.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih