Pantai Karang Agung Kebumen

Pantai Karang Agung menawarkan hamparan pasir hitam yang ditimpa oleh bebatuan kerikil berbulat-bulat. Di seberangnya terdapat serak-serak bebatuan karang yang selayak jalur penghubung daratan pantai dengan Karang Agung. Ombak akan bersemangat memeluk pantai melalui dua arah dengan mengelilingi Karang Agung. Tapi, jangan pernah remehkan sang ombak karena mereka terbiasa melompati bebatuan karang sekalipun 1,5 meter tingginya. 

 
Tatkala berjalan ke arah selatan, saya berjumpa dengan muara dari sungai kecil yang dalam mengukir lembah karst dan merayapi bebatuan hitam. Air tetap mengalir lancar meski saat itu sedang puncak musim kering. Makin ke selatan, saya dihadapkan pada karang hitam yang langsung ditindihi oleh lereng bukit beralas rumput dan pepohonan jati. Dari balik bukit pembatas selatan ini, sesekali muncul perahu nelayan yang tampaknya akan pulang menuju TPI Pedalen untuk bersiap menunaikan ibadah sholat Jumat. 

Jujur dalam benak saya, wujud Karang Agung tampak seperti Batu Layar ikon Pantai Sawarna, Banten ataupun Watu Ulo tengara Pantai Papuma, Jember. Bahkan ada yang menyebut Karang Agung semacam Tanah Lot nya Kebumen. Dibandingkan pantai-pantai tersebut, jelas Karang Agung sangat jauh lebih tak terkenal. Saya yakin orang Kebumen saja jika melihat Karang Agung pasti akan langsung kaget kalau ternyata ada lanskap batu berkarang lancip yang ditumbuhi pepohonan liar di lepas pantai di Kabupaten Kebumen. 

 
Bagi warga setempat, Karang Agung menjadi pantai yang cukup dikeramatkan. Terdapat sebuah batu karang di sisi sebelah utara pantai yang difungsikan sebagai tempat pertapaan. Di belakang batu pertapaan itu terdapat dua buah goa yang saya perkirakan menjadi muara sungai bawah tanah. Goa ini seperti ceruk yang mana ombak-ombak akan masuk ke dalam goa. Saya juga menemukan bekas sesaji di tepi Pantai Karang Agung yang berisi ubo rampe bunga dan hasil bumi. 

Disinilah Batu Pertapaan Pantai Karang Agung
“Oh, kemarin  hari Selasa Kliwon masyarakat Argopeni melaksanakan tradisi Sedekah Laut. Sesaji itu merupakan bekas Sedekah Laut.”  ungkap Ibu penjaga warung yang menjadi tempat penitipan motor. 


Pantai Karang Agung sepertinya menjadi pantai yang sengaja ‘disembunyikan’ oleh deretan bukit-bukit karst Gombong Selatan. Ia terselinap sunyi pada lekuk kecil perbukitan yang dikelililingi oleh rimbunnya hutan jati milik Perhutani. Dari tempat penitipan motor, harus berjalan menyusuri setapak tanah yang jarang dirambah. Terlihat rimbunan daun jati mesra menutupi jalanan yang lebarnya tak sampai satu meter. Kami butuh setengah jam berjalan kaki naik turun bukit. Itu pun kami harus berjalan cepat.

Saya rasa kehadiran paling agung di Pantai Karang Agung adalah pada saat menyongsong mentari pulang ke pelukan malam. Pantai yang menakjubkan ini menghadap tepat ke arah barat. Pandangan lepas berbatas cakrawala samudera dengan hiasan keanggunan Karang Agung akan menjadi bingkisan terbaik menikmati  sebuah momen baskara terbenam. Terlebih bagi pemburu foto long exposure, Karang Agung bisa menjadi ruang terbaik untuk mengabadikan senja kaya warna beserta air memutih yang halus menyelinap di antara karang-karang kecil yang bertebaran.

 
Catatan:


  • Jika tertarik berpetualang ke Pantai Karang Agung, saya lebih baik sarankan untuk terlebih dulu menuju ke Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kebumen. Desa ini dilintasi jalur pesisir Yogyakarta –Cilacap ( Jl Daendels) yang membelah kawasan karst Gombong Selatan. Sesampai di Desa Argopeni, tanyalah kepada warga setempat. Mereka akan dengan senang hati menunjukkan ‘pintu masuk’ jalan setapak dari tepi jalan.
Dengan bertanya kepada warga, sekaligus juga kita memberi tahu kalau kita berkunjung ke Karang Agung. Maklum, pantai ini sangat sunyi dan melewati hutan jati milik Perhutani.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 comments

Mantap banget ini om pantainya sangat cocok buat tempat wisata disaat liburan

betul mas Marda dan masih alami

terimakasih infonya,, sangat membantu... kami dari tim acara plesiran ratih tv kebumen rencana akan mengeksplore pantai ini,,,

sipz buat RATIH TV Kebumen, saya tunggu liputannya

Terima Kasih