Goa Petruk Kebumen, Goa Terdalam Di Dunia

Kenal Petruk? Petruk adalah salah satu tokoh Punakawan dalam kisah pewayangan yang memiliki hidung panjang. Goa Petruk terletak di Dukuh Mondoyono, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen. Untuk mencapai Goa Petruk, terlebih dahulu Anda harus mendaki sekitar 250 anak tangga.



Stalaktit dan stalagmit di Goa Petruk ini memiliki berbagai bentuk yang diberi nama. Ada stalaktit yang bentuknya mirip hidung Petruk. Itulah sebabnya goa ini dinamakan Goa PEtruk. Ada juga Batu Tirai Pintu, Batu Jamur yang memang bentuknya seperti jamur, Batu Mangun Serono, Batu Buaya, Batu Lalon (mayat), Batu Prangko, bahkan ada batu Payudara.

Goa Petruk ini memiliki tiga lantai goa, dengan sejumlah sungai, sendang, dan air terjun. Air terjun di Goa Petruk ini sangat indah. Tak heran bila Goa Petruk menjadi salah satu goa terindah di Indonesia.

Goa Petruk merupakan salah satu gua terdalam di dunia. Gua Petruk ini terbagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama hanya terdapat kelelawar yang berterbangan, sementara bagian kedua yang diberi nama ‘Gua Semar’ terdapat pemandangan dari bebatuan yang cukup indah serta mempesona. Dan Gua yang terakhir disebut dengan Gua Petruk, karena dalam gua tersebutlah sebenarnya terdapat batu yang mempunyai wujud seperti hidung Petruk. Goa petruk ini memiliki kedalaman jelajah mencapai 2000 Meter atau 2 KM.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih