Telaga Warna Dieng, Surga Eksotis Dari Tanah Dewa

Dataran Tinggi Dieng adalah salah satu destinasi wisata Jawa Tengah yang kaya akan pesona alamnya. Salah satu tujuan wisata yang paling populer di tanah para Dewa ini adalah Telaga Warna.
Telaga Warna terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Objek wisata ini berada di ketinggian lebih dari 2000 meter dpl dengan luas 39,60 ha dan dikelilingi oleh hutan serta bukit yang menambah indah pesona alam sekitar telaga warna.


Untuk menuju kesini, kurang lebih menempuh jarak sekitar 26 km ke arah utara Kota Wonosobo. Akses jalannya sudah mulus hanya saja harus berhati-hati karena kondisi jalan yang berkelok-kelok dan menanjak. Bagi anda yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan bus jurusan Wonosobo – Dieng Batur untuk mencapai kesana.

Jika sudah sampai kawasan wisata Dieng, ada baiknya untuk membeli tiket terusan seharga Rp 20.000 /orang dengan empat tujuan wisata yakni kompleks Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Dieng Plateu Theater, dan Telaga Warna/ Telaga Pengilon.

Keunikan dari Telaga Warna adalah fenomena alamnya, yakni warna air telaga yang sering berubah-ubah.Terkadang berwarna hijau, kuning atau berwarna-warni seperti pelangi. Hal ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sehingga saat Matahari memantulkan sinarnya, maka warna air telaga tampak berwarna-warni.

Bukan hanya Telaga Warna, disini juga terdapat Telaga Pengilon yang bisa anda temukan dengan menyusuri jalan setapak yang mengelilingi Telaga Warna. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Telaga Warna adalah saat pagi atau siang hari. Karena pada sore hari, kabut tebal akan menutupi daerah sekitar telaga. Selain menyajikan keindahan telaganya yang natural dan eksotis, di kawasan ini juga terdapat Batu Belik Cundamanik, Batu Tulis serta tiga buah Goa-Goa alam, yakni Goa Semar, Goa Sumur dan Goa Jaran.

Kini, kawasan Telaga Warna juga dilengkapi dengan wahana permainan menantang, seperti Flying Fox. Bagi anda yang tertarik mencoba permainan ini, cukup dengan membayar Rp 20.000, anda akan diuji nyali untuk terbang di atas permukaan telaga.

Baca Juga: Pesona Telaga Warna Dari Buki Ratapan Angin
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih