Sate Ayam Ambal Benar-Benar Menggugah Selera

Sate Ayam merupakan makanan yang sangat nikmat dan salah satunya adalah sate ayam Ambal khas kebumen. Sate ini memiliki citarasa manis, gurih dan pas banget di lidah. Makannya kalau kalian jalan-jalan ke Kebumen atau hanya melewati lewat Jl Daendels selatan (Jalur alternatif lintas selatan Kebumen), akan banyak menemukan sate ayam di sekitar Ambal, Kebumen.

Sate Ayam Ambal

Nama Ambal diambil dari nama tempat asal sate ini, Kecamatan Ambal, Kebumen. Sate Ambal memiliki cita rasa yang khas. Berbeda dibandingkan dengan sate jenis lain. Jika melintas di Kebumen, cobalah Warung Sate Ambal Pak Kasman salah satunya. Warung Sate Pak Kasman memiliki banyak cabang di Kebumen. Namun jika mau ke warung awalnya, arahkan kendaraan ke Jalan Daendels. Patokannya, dari arah Kebumen ke timur ketika menemui pertigaan Kambalan di daerah Kutowinangun ambil belokan ke kanan. Ikuti sampai mentok pertigaan Kantor Kecamatan Ambal. Belok kiri, itu sudah Jl Daendels. Warung Pak Kasman sendiri kira-kira satu kilometer dari pertigaan tadi.

Sudah sampai warung sate pak Kasman langsung saja pesan, maka terhidanglah seporsi sate berisi 20 tusuk. Plus semangkuk saus bertekstur kasar dengan jejak minyak dan sepiring lontong yang sudah dipotong-potong. Jika tak suka lontong ada pilihan nasi. Wangi rempah yang terbawa angin dijamin langsung menggugah selera kita. Rempah memang menjadi pembeda sate Ambal dengan sate ayam lainnya. Sebelum dibakar, daging ayam direndam dalam paduan sembilan rempah selama tiga jam. Kesembilan rempah itu adalah pala, merica, ketumbar, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula jawa. Campuran ini menghasilkan daging ayam yang spicy dengan sedikit manis dan gurih saling bertingkah.

Lalu sausnya terbuat dari apa? Rasa saus manis dengan sedikit pedas di belakangnya. Teksturnya mirip saus sate padang, cuma terasa ada kacang kedelainya. Saus ini menjadi pembeda yang lain. Saus ini terbuat dari tempe rebus yang ditumbuk halus dengan sisa rempah yang digunakan untuk merendam daging. Ditambah cabai dan bawang goreng.

Warung Sate Pak Kasman
 Jl. Daendels, Ambal, Kebumen, Jawa Tengah
Telp 0852-2722-4052
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih