Menikmati Sate Kere Khas Solo

Tidak ada salahnya mencicipi makanan rakyat menengah ke bawah zaman dulu yang sering disebut Sate Kere. Apa itu Sate Kere? Sate Kere adalah sate yang berisi jerohan (organ dalam) sapi seperti usus, hati, koyor (urat sapi) ditambah sate gembus (tempe yang dibuat dari ampas kedelai tahu).

Sebelum dibakar diatas tungku api, jerohan sudah direbus matang terlebih dahulu. Jadi tidak ada rasa amis dari jerohan saat saya memasukkan potongan sate ke dalam mulut. Empuk tidak ulet ditambah tempe gembus yang lezat membuat pikiran lupa sejenak bahwa yang saya makan ini adalah jerohan.



Dalam postingan ini adalah Sate Kere Mbak Tug dengan
Siraman saus kacang yang pedas membuat Sate Kere ini lebih mantap dimakan siang hari. Sebenarnya banyak Sate Kere yang tersebar di kota Solo, tapi lidah ndeso saya lebih cocok dengan Sate Kere yang dijual oleh Mbak Tug di Jalan Arifin (depan RM Nini Towog) yang punya cita rasa tidak ngawur. Harganya sekitar 15.000 untuk satu porsi (12 tusuk+lontong) tergantung pilihan satenya. Sate ini tidak banyak dijual di kota lain, jadi manfaatkan waktu untuk berburu makanan khas ini saat menyambangi kota Solo.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih